Implementasi Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 173349 Hutaginjang Kecamatan Muara-Tapanuli Utara
Abstract
Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melihat sejauhmana Implementasi Media Pembelajaran terhadap prestasi Belajar siswa di SD Negeri 173349 Hutaginjang Jumlah sampel sebanyak 55 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah korelasi product moment pearson dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk Variabel X (Implementasi Media) dan Variabel Y (Prestasi Belajar). Untuk mengetahui sejauhmana sejauhmana Implementasi Media Pembelajaran terhadap prestasi Belajar siswa di SD Negeri 173349 Hutaginjang, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,49 dengan uji determinasi sebesar 49% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika thitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 1 – 0,05 dengan dk = n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh thitung > ttabel (1,70 > 1,68), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan Berpengaruh yang berarti antara Implementasi Media Pembelajaran terhadap prestasi Belajar siswa di SD Negeri 173349 Hutaginjang.