PENGUATAN CLASSROOM MANAGEMENT GURU SMK MELALUI ENGLISH DAY

  • Eva Nurul Candra UNINDRA
  • Elyza Martiarini Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Heppy Atmapratiwi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstrak

Pengelolaan kelas sangatlah penting dalam proses belajar mengajar. Stimulus yang diberikan oleh guru diawal proses belajar merupakan kunci utama untuk menarik minat murid dalam belajar. Ujaran-ujaran yang diucapkan oleh guru Ketika pelajaran berlangsung pun bisa menjadi suatu magnet bagi para murid agar fokus terhadap materi yang diberikan. Tapi bagaimana jika guru hanya memiliki pengetahuan yang terbatas mengenai ujaran-ujaran dalam Bahasa Inggris yang bisa digunakan dalam classroom management tersebut.  Guru sebagai tokoh sentral dalam proses kegiatan belajar mengajar haruslah memiliki metode yang cocok untuk menstimulus para murid agar lebih terdorong untuk menjadi lebih aktif. Selain itu para guru haruslah memiliki suatu variasi dalam ketrampilan berbicara yang digunkan dalam classroom management. English day merupakan salah satu metode yang dapat diberikan kepada para guru untuk melatih kemampuan berbicara Bahasa Inggris mereka. Melalui sosialisasi penerapan English day  pada para guru SMK ini, tujuan yang ingin dicapai antara lain : 1)  Meningkatkan kompetensi para guru di SMK dalam melakukan interaksi bahasa Inggris baik antara guru dan peserta didik,  2) Memberikan pemahaman kepada guru-guru yang belum secara luas mengenal konsep English Day secara komprehensif untuk dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar, 3) Memberikan tambahan referensi kepada para guru yang nantinya mampu menunjang performa mereka dalam menerapkan interaksi bahasa Inggris melalui instruksi-instruksi sederhana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Diterbitkan
2021-12-14
Bagian
Artikel