THE USE OF DIGITAL MEDIA IN LEARNING ENGLISH AT HIGHER EDUCATION: STUDENTS’ PERCEPTION AND OBSTACLES
Abstrak
Di era revolusi industri 4.0, media digital memiliki pengaruh besar terhadap setiap aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Oleh karena itu, guru dan murid harus mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu cara untuk mengikuti perkembangan teknologi adalah dengan menggunakan media digital dalam proses pembelajaran. Belajar bahasa inggris dapat dibantu dengan menggunakan media digital karena banyak aplikasi yang seusai dengannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media digital dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini melibatkan mahasiswa yang mengambil kelas Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL Classroom) Di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Suryakancana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang didapat dari pertanyaan terbuka dan interview kepada responden tentang respon mereka dalam penggunaan media digital untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Pertanyaan terbuka digunakan untuk mengumpulkan data dari responden terhadap jenis media digital yang digunakan dan juga persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Sebagai tambahan, peneliti juga menggunakan interview untuk melihat hambatan yang dihadapi mahasiswa dalam penggunaan media digital untuk belajar bahasa Inggris. Media digital yang sering digunakan mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah Google Classroom dan Schoology. Media digital itu bagus untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris karena ketika mahasiswa menggunakan aplikasi dalam proses pembelajaran, mahasiswa menemukan sesuatu yang baru yang membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Kebanyakan, hambatan yang dihadapi
mahasiswa adalah lemahnya koneksi internet dan aplikasi yang tidak cocok dengan perangkat. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi bagus terhadap penggunaan media digital didalam kelas meskipun memiliki beberapa hambatan dalam
penggunaan digital media