PKM GURU SMA YPPI 2 MELALUI TRANSFORMASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH

  • darmanto darmanto Universitas Widya Kartika
  • Agus Prayitno Universitas Widya Kartika
  • Budi Hermawan Universitas Widya Kartika

Abstrak

ABSTRAK

Covid-19 masih berlangsung sampai kini. Beberapa kendala yang ditemui  selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), seperti kurangnya kompetensi guru beradaptasi dengan kelas digital dan penurunan motivasi belajar siswanya. Di samping kendala teknis, sebagaimana dialami mitra SMA YPPI2. Menghadapi kondisi yang terjadi, pemerintah mendorong diberlakukan Pembelajaran Tatap Muka terbatas dan ada pilihan PJJ. Menyikapi kebijakan tersebut manajemen sekolah berupaya agar pelayanan akademis tetap optimal. Namun demikian, mitra belum memiliki Sistem Manajemen Pembelajaran (SMP) yang representatif sebagai media pembelajaran. Memenuhi kebutuhan dan mengatasi kendala mitra, tim pelaksana Program Kemitraan Masyarakat Uwika menawarkan solusi optimalisasi  sistem  sebagai media transformasi PJJ. Pelaksanaan Program ini dengan metode edukasi, pelatihan dan pendampingan. Transformasi teknologi dirancang untuk pengguna administrator dan guru melalui penggunaan SMP berbasis Moodle.  Aplikasi  ini untuk memudahkan para guru dan siswa berkomunikasi secara interaktif dan meningkatkan akses sumber daya pembelajaran yang kurang mencukupi selama PJJ atau PTM. Tujuan Program ini untuk membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengguna beradaptasi dengan penggunaan teknologi SMP dan aplikasi Moodle. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa, adanya peningkatan signifikan kemampuan peserta mengenai pengetahuan SMP dan penggunaan aplikasi Moodle. Admin dan Guru cukup mampu menjalankan peran menyelenggarakan praktek baik  elearning.

 

Keyword : Pembelajaran Jarak Jauh, Sistem Manajemen Pembelajaran, Moodle

Diterbitkan
2021-11-09
Bagian
Articles