OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM CEMAL CEMIL CEMILANKU

  • Indri Yuliafitri Universitas Padjadjaran
  • Runita Arum Kanti Universitas Padjadjaran, Bandung
Kata Kunci: UMKM, pemasaran digital

Abstrak

Di masa pandemi Covid-19, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus kreatif dalam melakukan pemasaran. Pandemi telah mengubah prilaku masyakat dalam bertransaksi, dari transaksi konvensional menjadi transaksi secara daring. Sehingga media pemasaran berubah dengan menggunakan media digital. Langkah pertama untuk melakukan pemasaran digital adalah membuat kemasan produk yang menarik, kemudian membuat foto produk sebagai media pemasaran yang nanti akan di tampilkan di media pemasaran digital. Cemal Cemil Cemilanku, merupakan UMKM yang menjual cemilan berbahan dasar kulit pangsit. Kemasan dan pemasaran yang dilakukan UMKM ini masih sederhana. Agar UMKM ini dapat memperluas pangsa pasarnya, maka dilakukan pelatihan dan pendampingan pengelolaan media sosial instagram dan toko daring shopee. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini menunjukkan peningkatan penjualan UMKM yang diperoleh secara daring.

 
Diterbitkan
2022-06-20
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##