PELATIHAN PENYUSUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK PRAKTIKUM DIMASA PANDEMI COVID BAGI MGMP KIMIA KOTA PALU

  • Sitti Rahmawati Universitas Tadulako
  • Baharuddin Hamzah Tadulako University
  • Siti Nuryanti Tadulako University
  • Afadil S Tadulako University

Abstrak

Permasalahan  mitra  (guru-guru  yang  tergabung  dalam  MGMP  kimia  kota Palu)  adalah:  a)  Kemampuan  guru  dalam  memahami  makna,  manfaat,  dan  cara penggunaan media pembelajaran masih rendah, b) Kemampuan dalam pengetahuan media pembelajar ataupun pembuatan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), untuk keperluan pengganti praktikum di  laboratorium  sekolah  menjadikan  rendahnya  produktivitas  guru  dalam mengembangkan  materi  ajar  ke  dalam  media  pembelajaran  dan  LKPD,  c)  Pihak sekolah belum menyediakan media atau software komputer yang mendukung dalam pembuatan  media  pembelajaran  dan  LKPD  praktikum  secara  online  ataupun dengan  memanfaatkan  materi  yang  ada  di  sekitar  peserta  didik,  d)  Kurangnya narasumber  yang  bisa  ditempati  bertanya  jika  guru  mengalami  kesulitan  untuk membuat media pembelajaran ataupun membuat LKPD untuk keperluan pengganti praktikum di laboratorium sekolah. Untuk itulah kami menganggap perlu dilakukan suatu kegiatan yang mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru dalam mengembangkan profesionalisme, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran  ataupun  membuat  LKPD  untuk  keperluan  pengganti  praktikum  di laboratorium sekolah. Kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi  ceramah tentang pentingnya  penguasaan  konsep  dan  praktikum  dalam  pembelajaran  kimia, memberikan  contoh  LKPD  untuk  kegitan  eksperimen/praktikum  berbasis lingkungan  selanjutnya  kerja  praktek  dimana  para  peserta  dibimbing/didampingi oleh  tim  pengabdi,  mulai  dari  memberikan    informasi  kepada    guru-guru    yang  diperkirakan    sangat  menunjang    untuk    penguasaan    konsep  selanjutnya,  mendesain LKPD dengan metode eksperimen/praktikum berbasis lingkungan, serta menyesuaikan  dengan  kompetensi  dasar yang  hendak  dicapai.  Setiap  kegiatan  di damping  oleh  tim  pengabdi  dan  pada  kegiatan  akhir,  masing-masing  guru menyerahkan hasil pekerjaannya. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan LKPD berbasis lingkungan yang aman dan mudah dilakukan oleh siswa.

Diterbitkan
2022-02-08
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##