PEMANFAATAN E-COMMERCE DAN PENGEMASAN KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM

  • Ni Luh Putu Sariani Universitas Pendidikan Nasional
  • Anak Agung Istri Agung Maheswari Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Bali, Indonesia
  • I Gusti Ayu Intan Saputra Rini Universitas Warwadewa Denpasar, Bali, Indonesia
  • I Ketut Setia Sapta Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali
  • I Made Purba Astakoni Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia Handayani Denpasar
Keywords: e-commerce, kemasan, produk hampers, UMKM

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan pihak manajemen Peken Facebook ditemukan permasalahan, penurunan volume usaha karena kurangnya pemanfaatan e-commerce dan belum memiliki kemasan produk hampers yang menarik perhatian konsumen. Tujuan pengabdian untuk memanfaatkan e-commerce yang bernama Tokopedia dengan optimal dan meningkatkan keterampilan melalui kreativitas kemasan yang menarik pada masing-masing produk hampers. Metode kegiatan melalui sosialiasi, pelatihan dan pendampingan. Sasaran kegiatan adalah seluruh karyawan Peken Facebook yang berjumlah 5 orang. Instrumen untuk mengukur ketercapaian program adalah kuesioner pre dan post kegiatan dengan indikator pengetahuan, keterampilan penggunaan e-commerce dan pengemasan produk hampers, kualitas kemasan dan peningkatan volume usaha. Hasil rata-rata capaian kegiatan, yaitu pengetahuan karyawan mengenai konsep e-commerce meningkat dari 60% menjadi 85% dan pengemasan produk meningkat dari 50% menjadi 80%, keterampilan penggunaan e-commerce meningkat dari 65% menjadi 88% dan keterampilan pengemasan produk hampers meningkat dari 60% menjadi 85%, kualitas kemasan dari 40% menjadi 87% serta peningkatan volume usaha selama 3 bulan, yaitu April sampai dengan Juni 2021, Peken Facebook berhasil menjual 31 produk.

Published
2022-02-09
Section
Articles