Metode Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Perguruan Tinggi Yang Berbasis Pembentukan Karakter
Abstrak
Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang memiliki keunggulan dalam pencapaian pembelajaran dan lifeskill serta memotivasi keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Perguruan tinggi dengan tujuan besarnya dituntut memberikan sumbangan lulusan yang memiliki karakter baik untuk tercapainya cita cita sesuai UUD 1945. Perubahan model pembelajaran menjadi pembelajaran jarak jauh pada metode project based learning memerlukan kajian efektifitasnya dalam mencapai pembentukan karakter yang terangkum dalam aspek sikap, pengetahuan atau kognisi dan keterampilan (skill) pada lulusan perguruan tinggi. Telah dilakukan penelitian secara literature review terhadap hal ini. Dari tahapan metode PjBL yang lazim diapliaksikan telah dimodifikasi menjadi 7 tahapan teknis oleh Nizwardi. Dengan melakukan uraian terhadap kegiatan dalam 7 tahapan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat ada tiga tahapan yang menjadi titik krtitis dalam pelaksanaan pembelajaran metode PjBL pada pembelajaran jarak jauh yaitu tahap monitoring, penilaian dan evaluasi project. Ini berarti bahwa metode pembelajaran PjBL dapat diaplikasikan pada pembelajaran jarak jauh pada perguruan tinggi dengan penekanan pada pembentukan karakter dengan memperhatikan tahapan yang menjadi titik kritis tersebut.
Abstract
Project Based Learning Method (PjBL) is one of the learning methods that has an advantage in learning achievement and lifeskill and motivates student engagement. Universities with the big goal are required to contribute graduates who have good character to achieve the ideals in accordance with the 1945 Constitution. The change of learning model to distance learning in project based learning methods requires the study of its effectiveness in achieving character formation that is summarized in aspects of attitude, knowledge or cognition and skills(skills)in college graduates. We have conducted a literature review of this. From the stages of the PjBL method that is commonly witnessed has been modified into 7 technical stages by Nizwardi. By doing a description of the activities in the 7 stages, it can be concluded that there are three stages that become the point of krtitis in the implementation of learning method PjBL in distance learning, namely the monitoring, assessment and evaluation stage of the project. This means that the PjBL learning method can be applied to distance learning in colleges with an emphasis on character formation by paying attention to the stages that are the critical point.