Metode Pembelajaran Eksperimen Di Masa Pendemi Covid 19

  • Abdul Kadir Ahmad Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstrak

Pendidikan Islam selama ini masih tertinggal jauh dibandingkan dengan pendidikan umumnya. Kondisi ini ditambah dengan pendemi covid-19 memaksa semua proses pembelajaran melalui pembelajaran jarak jauh dengan segala keterbatasannya. Dalam proses pembelajaran seperti ini guru perlu berperan aktif untuk meningkatkan pembelajaran agar siswa lebih mudah mencerna apa yang disampaikan oleh guru, misalnya dengan mengembangkan metode pembelajaran eksperimen. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran eksperimen di masa pendemi covid-19 dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa penyajian informasi ilmiah untuk menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran eksperimen di masa pendemi covid-19. Dan Sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan dasar pijakan serta sebagai pembanding untuk penelitian-penelitian lebih lanjut sejenis. Hasil penelitian bahwa: 1). Metode eksperimen adalah metode yang menekankan peserta didik untuk mencari sendiri dan menemukan sendiri jawaban dari permasalahan pada materi yang sedang di pelajari. 2). Kondisi pendemi bisa menjadi langkah awal untuk peningkatan mutu pembelajaran PAI dengan metode Eksperimen. 3). Metode eksperimen sudah sangat dikenal dalam khazanah keilmuan Islam, terlihat ilmuwan islam banyak memberikan kontribusi sangat besar dengan metode eksperimen. 4). Metode eksperimen dalam pembelajaran PAI di masa pendemi covid-19 sangat direkomendasikan, namun tidak berdiri sendiri, namun harus berkolaborasi dengan metode pembelajaran lainnya

Abstract

Islamic education is still far behind compared to general education. This condition coupled with the Covid-19 pandemic forced all learning processes through distance learning with all its limitations. In this kind of learning process, teachers need to play an active role to improve learning so that students can more easily digest what is conveyed by the teacher, for example by developing experimental learning methods. The method used in this research is the literature study method. The aim is to describe the implementation of the experimental learning method during the COVID-19 pandemic and to describe the supporting and inhibiting factors for the application of the method. This research is expected to contribute in the form of presenting scientific information to improve the implementation of experimental learning during the pandemic. And as a basis for developing science and the basis for a foothold as well as a comparison for further similar researches. The results of the study that: 1). The experimental method is a method that emphasizes students to find their own and find answers to problems in the material being studied. 2). The epidemic condition can be the first step to improve the quality of PAI learning with the Experimental method. 3). The experimental method is well known in the Islamic scientific treasures. 4). The experimental method in PAI learning during the covid-19 pandemic is highly recommended, but it does not stand alone, but must collaborate with other learning methods

Diterbitkan
2021-09-22