Penerapan Metode Suri Tauladan Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Era Industri 4.0 Menuju Generasi Emas 2045
Abstract
Penerapan metode keteladanan di era pandemi menjadi hal penting melihat kondisi dan situasi yang terjadi saat ini, penyebaran kasus COVID-19 menjadi virus yang mengkhawatirkan, terdapat kurang lebih 200 negara dari berbagai belahan dunia yang telah terjangkit virus ini. sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk PSBB, physical distancing dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam dunia pendidikan, hal itu untuk menanggulangi COVID-19 ini. Prinsip pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi yakni tidak membahayakan dan realistis. Sudah 1 tahun lebih pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), situasi pendidikan seperti ini menjadi dilema tersendiri bagi pendidik dan para peserta didik. Dikarenakan mereka dipaksa harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19, namun di sisi lain timbul kebosanan karena berbagai kendala yang dihadapi, serta keinginan untuk berinteraksi secara langsung yang menjadi pemaksa untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara langsung. Apalagi pembelajaran tatap muka meskipun dengan protokol kesehatan ketat tetap meningkatkan risiko terpapar Covid-19. Tujuan penelitian untuk mengungkapkan bahwa dalam kondisi krisis keteladanan ini yang terjadi saat ini, pendidik menjadi basis penting. Oleh karenanya, pendidik harus memiliki kesadaran tinggi, untuk menjadi figur teladan dalam proses pembentukan akhlak Islami anak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: keteladanan dalam pendidikan di era pandemi ini adalah metode/cara yang efektif dalam mempersiapkan anak dari segi Akhlak, Mental dan Sosial
Abstract
The implementation of the method of exemplaryness in the pandemic era becomes important according to the current conditions and situations. So the government issued policies for PSBB, physical distancing, and Distance Learning (PJJ) in the effort to overcome COVID-19. The principle of Distance Learning during pandemics is harmless and realistic. But after more than one year of Distance Learning (PJJ), this kind of educational situation becomes a dilemma for educators and students, because they are forced to carry out distance learning to break the chain of the spread of Covid-19. On the other hand, it brings to student’s boredom in studying due to various obstacles that students must face, as well as the desire to interact directly which becomes coercive to carry out face-to-face learning. Moreover, even with strict health protocols, face-to-face learning still increases the risk of exposure to Covid-19. This research attempts to reveal that in the current crisis of exemplaryness that occurs, educators become an important base. Therefore, educators must have a high awareness to be exemplary figures in forming children's Islamic morals. This research is field research with library research using literature works, such as books, records, and reports of previous research results. The results of this study prove that: exemplaryness in education in this pandemic era is an effective method/way to prepare children in terms of morals, mental and social.