Metode Pembelajaran Hafalan Al Quran Pada Pendidikan Dasar Di Era Industri 4.0 Menuju Generasi Emas 2045

  • Jaedi Jaedi Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Hafalan Al Quran, Era Industri 4.0, Pendidikan Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan metode menghapal pada era industri 4.0 dan metode menghapal untuk pembelajaran pendidikan agama slam (PAI) untuk menyiapkan generasi emas 2045. Masa pandemi covid 19 memberikan akselerasi dunia pendidikan termasuk PAI. Penelitian ini adalah pelatihan kepustakaan dengan data beberapa metode menghapal al-Quran yang disesuaikan dengan kebutuhan anak di era indusri 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode menghapal dapat dilakukan pada masa industri 4.0 dengan memanfaatkan teknologi. Menghafalan merupakan salah satu pendekatan dalam rangka mengasah kecerdasan  peserta didik, baik akademik maupum akhlak. Otak manusia pada hakekatnya berfungsi untuk berfikir, kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kapasitas seseorang dan mendukung prilaku yang positif. Metode hafalan pada masa pandemi memberikan percepatan peserta didik dengan sistem pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.

Abstract

The purpose of this study is to describe the memorization method in the industrial era 4.0 and the memorization method for learning Islamic religious education (PAI) to prepare the 2045 golden generation. The COVID-19 pandemic period has accelerated the world of education, including PAI. This research is a library training with data on several methods of memorizing the Koran that are tailored to the needs of children in the industrial era 4.0. The results of this study indicate that the memorization method can be carried out in the industrial era 4.0 by utilizing technology. Memorizing is one approach in order to hone the intelligence of students, both academically and morally. The human brain essentially functions to think, be creative and innovative in increasing one's capacity and supporting positive behavior. The memorization method during the pandemic provides acceleration for students with a learning system by utilizing technology.

Published
2021-09-22