Metode Berkisah Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Era Industri 4.0 Menuju Generasi Emas 2045
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kondisi pembelajaran di era pandemi yang melibatkan orang tua di rumah dan menggunakan kurikulum kedaruratan berdasarkan Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Permendikbud RI) nomor 719/2020, kekuatan metode berkisah yang mudah dilakukan oleh orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekaatan deskriptif kualitatif dengan cara: menelaah aturan pemerintah, potensi metode berkisah utuk pembelaajaran jarak jauh (PJJ) di era industri 4.0. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) metode berkisah sesuai dengan kekhasan PJJ yaitu mudah dilakukan dan dapat digunakan untuk semua materi, 2) orang tua perlu mendapatkan arahan yang jelas pada proses pelaksanaan dan evaluasi sederhana, 3) berkisah lebih sesuai untuk tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) dan SD kelas 1-3 dan dapat digunakan untuk semua jenis aspek perkembangan dan mata pelajaran. Hal yang perlu dikuatkan adalah ide-ide pokok dalam cerita untuk pengetahuan orang tua dan guru. Guru membantu orang tua menyiapkan sintaks dalam bentuk pola pelaksanaan dan tahap-tahapnya.
Abstract
The purpose of this study is to describe the learning conditions in the pandemic era involving parents at home and using the emergency curriculum based on the Regulation of the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia (Permendikbud RI) number 719/2020, the power of storytelling methods that are easy for parents to do. This study uses qualitative descriptive shortness by means of: studying government rules, potential methods for remote learning (PJJ) in the era industri 4.0 . The results of the study showed that: 1) the method of telling the story in accordance with the peculiarities of PJJ is easy to do and can be used for all materials, 2) parents need to get clear direction on the process of implementation and simple evaluation, 3) tells the story more appropriate for the level of early childhood education (PAUD) and elementary school grades 1-3 and can be used for all types of developmental aspects and subjects. What needs to be strengthened are the main ideas in the story for the knowledge of parents and teachers. Teachers help parents prepare syntax in the form of implementation patterns and their stages.