PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN LITERASI, NUMERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SDN CINANGKA 01
Abstrak
Kampus Mengajar merupakan rangkaian kegiatan dalam program Merdeka Belajar Kampus
Merdeka dimana selama satu semester mahasiswa di tempatkan di sekolah untuk membantu
guru dan kepala sekolah SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang
bertepat di wilayah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan). Penelittian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. melalui implementasi
program dan kegiatan mahaiswa dalam program kampus mengajar. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif, penulis
Menggunakan teknik pendokumentasian kegiatan dan memvalidasinya terhadap beberapa
referensi, hasil dari kegiatan kampus mengajar ini menunjukkan bahwa ada dampak positif
bagi siswa maupun sekolah dalam segi peningkatan literasi dan numerasi serta adaptasi
teknologi.