PERAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PADA PEMBELAJARAN DARING DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FKIP UIKA BOGOR
Abstrak
Pandemi covid-19 yang memberikan dampak secara langsung kedalam dunia
pendidikan yang mengharuskan beralihnya proses pembelajaran langsung (luring)
menjadi pembelajaran online (daring). Peran TIK dalam masa pandemi sangat berperan
penting dalam proses pembelajaran, dimana berbagai aplikasi atau media E – Learning
banyak bemunculan untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui sejauhmana peran dan pemanfaatan Learning Management System
dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif
dengan menggunakan model CIPP. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di
program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Ibn Khaldun Bogor. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penilitan ini adalah
observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini akan dijelaskan bagaimana peran
Learning Management System dalam pembelajaran daring maupun luring