PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK MEDIA SEDERHANA BERBASIS MARKER
Abstrak
Saat ini perkembangan teknologi semakin masif, hal ini tentu saja membawa pengaruh terhadap sektor kehidupan termasuk pendidikan. Hal ini membuka peluang
besar dalam memanfaatkan teknologi aplikasi pada smartphone untuk dikembangkanmenjadi media pembelajaran berbasis aplikasi. Salah satunya dengan memanfaatkan
teknologi Augmented Reality pada praktik media sederhana berbasis marker bagi mahasiswa Teknologi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan
media Pembelajaran berbasis Augmented Reality sekaligus melihat kualitas media pembelajaran yang dihasilkan ditinjau dari aspek validitas, kemenarikan, dan
kepraktisan. Penelitan ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall, dengan beberapa tahapan pengembangannya, yaitu: (1) pengumpulan data; (2)
perencanaan; (3) pengembangan; dan (4) validasi dan uji coba. Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran Augmented Reality menunjukkan hasil
sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran, baik di kelas maupun secara mandiri menurut hasil validasi ahli desain pembelajaran, ahli media dan validasi
dosen sebagai ahli materi Respon mahasiswa terhadap penggunaan media ini dalam pembelajaran sangat baik. Mahasiswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan
membangkitkan rasa ingin tahu mahasiswa