Karakteristik Modul Digital Berbasis Interactive Flipbook Pada Mata Kuliah Evaluasi Program untuk Mendorong Pembelajaran Self Integrated di Perguruan Tinggi

  • Aktsa Sharikha Hasanudin
  • Kurniati .
  • Mita Septiani

Abstrak

Perkembangan teknologi pada era 21 Century meharuskan mahasiswa
memiliki keterampilan hidup dan karir, keterampilan belajar dan inovasi, serta
keterampilan dalam mengelola media informasi dan teknologi, menjadi salah satu dasar
langkah perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pembelajaran berkualitas yang
mampu meningkatkan kemandirian mahasiswa. Salah satu yang dapat dimanfaatkan
eksistensinya dalam meningkatkan pembelajaran mandiri adalah penggunaan sumber
belajar berbentuk modul digital berbasis interactive flipbook. Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan karakteristik modul digial berbasis interactive flipbook untuk
mendorong pembelajaran self integrated (belajar mandiri) dan terintegrasi dengan
teknologi sesuai yang sesuai karakteristik dan gaya belajar yang dimiliki oleh
mahasiswa di perguruan tinggi. Adapun penelitian dilakukan dengan menggunakan
model MPI (Model Pengembangan Instruksinal) dari M. Atwi Suparman. Pengumpulan
data dilakukan dengan analisis deskriptif dan menyebarkan angket kepada mahasiswa
yang mengambil mata kuliah Evaluasi Program di semester genap. Sehingga, penelitian
ini menghasilkan suatu karkteristik modul digital berbasis interactive flipbook untuk
mendorong pembelajaran self integrated (belajar mandiri) yang selanjutnya perlu
ditindak lanjuti dengan tahap mengembangkan dan mengevaluasi dan merevisi modul
digital dalam rangka meningkatkan pembelajaran mandiri dengan penggunaan sumber
belajar berbentuk modul digital berbasis interactive flipbook

Diterbitkan
2022-07-15