ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SD NEGERI WATES
Abstract
Pembelajaran IPA pada materi menjelajah angkasa luar bersifat abstrak. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan belajar menggunakan media pembelajaran berbasis
Augmented Reality. Namun, pengembangan media berbasis Augmented Reality ini perlu menyesuaikan kebutuhan peserta didik sehingga dibutuhkan suatu analisis kebutuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dibutuhkan oleh peserta didik di SDN
Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Partisipannya adalah peserta didik dan guru kelas VI SDN Wates. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa
wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibutuhkan peserta didik yaitu media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan
gambar yang nyata serta membutuhkan media pembelajaran yang tidak monoton sehingga membuat peserta didik ikut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran
berlangsung.