PENGEMBANGAN MEDIA RUBRIK TEKA-TEKI HURUF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIPAUD TA’LIMUL QUR’AN BANTARSARI BOGOR

  • Ahmad Januri
  • Umi Fatonah
  • Afif Ahmad Wiranata

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) mengembangkan rubrik teka-teki huruf untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada
pokok bahasan mengenal huruf dan belajar membaca kelas B di PAUD Ta’limul Qur’an Bantarsari bogor. (2) mengetahui kelayakan media rubrik taka-teki huruf sebagai media
penunjang pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development dengan menggunakan Model Pengembangan Instruksional
(MPI). Hasil penelitian menunjukan bahwa media rubrik teka teki huruf yang peneliti kembangkan layak dan memenuhi syarat untuk dapat digunakan sebagai media
pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil validasi isi, baik, aspek media , tampilan, kualitas dan keefektifan produk oleh ahli materi sebesar 96,88% dinyatakan sangat baik, aspek
media, tampilan, kualitas dan efektifan media oleh ahli media sebesar 80% baik dengan predikat layak digunakan. Maka disimpulkan bahwa media rubrik interaktif layak
digunakan untuk menunjang kegiatan belajar siswa kelas B di PAUD Ta’limul Qur’an Bantarsari Bogor

Published
2022-07-01