ANALISIS KEBUTUHAN RUMAH PINTAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Pada anak usia dini yaitu dari usia 0-6 tahun lebih banyak belajar dan mencari ilmu sambil bermain, dalam hal ini media pembelajaran dapat dijadikan
sebagai alat bermain sambil belajar bagi anak usia dini. Permasalahan yang ada dalam PAUD Al-Muawwanah yaitu masih kurang nya media pembelajaran sebagai alat
bantu kegiatan pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan analisis kebutuhan media rumah pintar sebagai media pembelajaran untuk pendidikan
anak usia dini. Media pembelajaran rumah pintar ini berisikan materi-materi pembelajaran yang dikemas dalam satu media namun dengan materi yang berbedabeda.
Pada media ini terdapat 8 tema pembelajaran yang berbeda. Media ini berperan untuk memudahkan guru menjelaskan materi pembelajaran, selain itu juga
memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di PAUD Al-Muawwanah, menggunakan metode penelitian Research and Development
(R&D) dengan mengadopsi Model Pengembangan Instruksional (MPI). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan guru kelas, kepala sekolah dan
juga wali siswa