ANALISIS KEBUTUHAN FUN THINKERS BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

  • Ervina Shafiyah
  • Zainal Abidin Arief
  • Umi Fatonah

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu sistem pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar dengan memudahkan penyampaian informasi atau pesan dari
komunikator kepada komunikan. Artinya, media pembelajaran ini memiliki peran penting dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga guru harus mampu menentukan
media apa yang paling tepat untuk digunakan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu analisis kebutuhan media
pembelajaran yang dapat merangsang belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan
pendekatan Model Pengembangan Instruksional (MPI). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu masih sedikit
guru yang menggunakan media pembelajaran, sehingga diperlukan media sederhana Fun Thinkers Book yang kemudian akan dilakukan tahap pengembangan, implementasi
dan evaluasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan siap untuk digunakan

Published
2022-07-01