HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI DI SDN CIHEULEUT KECAMATAN RANCABUNGUR KABUPATEN BOGOR

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI DI SDN CIHEULEUT KECAMATAN RANCABUNGUR KABUPATEN BOGOR

  • Jamilah .
  • Sigit Wibowo
Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika.

Abstract

Minat memegang peran yang sangat penting dalam segala hal, karena dengan adanya minat, seseorang akan lebih bersemangat untuk melakukan suatu pekerjaan atau perbuatan tanpa adanya paksaan. Dalam proses belajar sikap siswa terhadap mata pelajaran adalah salah satu hal yang mendasari perilaku dan hasil belajar. Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran yang positif merupakan pertanda awal yang baik bagi proses belajar siswa itu sendiri, begitupun sebaliknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VI di SDN Ciheuleut, baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun besama-sama (simultan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi target penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Ciheuleut Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor yang berjumlah 386 orang. Populasi terjangkau penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI sebanyak 78 orang. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan porpusive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan, yaitu terdapat hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika. Dengan demikian untuk meningkatkan hasil belajar matematika diperlukan upaya-upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Published
2018-07-27
Section
Articles