PENINGKATAN MINAT BACA SISWA MELALUI POJOK BACA DI MIN 7 MAGELANG

  • Marista Putri Ariftina INDONESIA
  • Dahlia Dahlia INDONESIA

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara peningkatan minat baca dalam pengelolaan manajemen pendidikan berbasis sumber daya dengan melibatkan pengelolaan lingkungan belajar dan sumber daya (buku, fasilitas dan waktu) untuk menciptakan suasana yang mendukung kegiatan membaca Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development).  Metode ini dimaksudkan agar warga setempat pertama sekali mengerti, mendata, mengoptimalkan aset-aset penting yang ada di sekitar mereka. Subjek penelitian ini adalah siswa atau peserta didik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk metode Discovery menunjukkan bahwa minat baca siswa masih rendah.  Pada metode Dream, menemukan harapan guru dan kepala sekolah untuk  menghidupkan kembali manfaat perpustakaan dan digunakan sebaik mungkin, tidak hanya sebagai sumber informasi semata-mata, tetapi juga sebagai alat yang dapat menginspirasi siswa untuk lebih banyak membaca, berpikir kritis, dan mempelajari lebih banyak tentang dunia. Pada meode Desain, inisiatif strategis yang dirancang untuk meningkatkan pemanfaatan buku yang ada di perpustakaan yaitu program pojok baca. Pada metode Define penentuan yang bertanggung jawab mengelola pojok baca, mulai dari penataan ruang, memilih koleksi buku yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, dan memantau dan mengevaluasi penggunaan fasilitas.  Pada metode Destiny /Delivery, peneliti  menerapkan semua rencana yang telah dibuat dengan bekerja sama dengan kepala sekolah, guru, dan siswa untuk memastikan bahwa pojok baca menjadi tempat yang menarik dan nyaman untuk membaca di kelas melalui pendekatan Appreciative Inquiry (Discovery, Dream, Define, Destiny).

 

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Sekolah Tinggi Agama Islam Syubbanul Wathon, Kabupaten Magelang

##submission.authorWithAffiliation##

Sekolah Tinggi Agama Islam Syubbanul Wathon, Kabupaten Magelang

Referensi

Frischa Angelline Kurniawan. (2023). Pendidikan Matematika, ‘Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Belajar Siswa’, 10 No. 49–636.

Uswatun Khasanah and others (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9.2, No. 8–703.

Asniar Asniar, La Ode Muharam, and Dodi Priyatmo Silondae, (2020). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa’, Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4.1.

Zeptiani, Andini, Armedia Desita Lestari, Diah Mulfi, and Cahya Prameswari, (2025). Pojok Baca Sebagai Sarana Peningkatan Literasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar, 3.

Atim Rinawati, Umi Arifah, and Atik Faizul H, (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) Dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo, Ar-Rihlah: Jurnalpertmenjadi Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7.1, no. 1–11.

Sholihatul Hamidah Daulay, Siti Ferissa Fitriani, and Endang Wardah Ningsih, (2022). Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Kemampuan dan Motivasi Belajar Siswa, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.3, no. 38–3731

Endang Trya Wulandari and Muhiddin, (2019). Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 20, No. 61–258.

Daulay, Sholihatul Hamidah, Siti Ferissa Fitriani, and Endang Wardah Ningsih, (2022). Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Kemampuan Dan Motivasi Belajar Siswa, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.3, pp. 3731–38, doi:10.31004/edukatif. v4i3.2553

Falakhunnisa, Falakhunnisa, Qurotul Aini, and Milna Wafirah, (2021). Pemanfaatan Media Sosial dalam Optimalisasi Pembelajaran Daring di Desa Gunungpring’, Khidmatan, 1.1, pp. 166–74, doi:10.61136/khid. v1i2.23

Khasanah, Uswatun, Noor Miyono, Rizky Esti Utami, and Yenny Rachmawati, (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9.2, pp. 703–8, doi:10.31949/educatio. V 9i2.4813

Kurniawan, Frischa Angelline, and Pendidikan Matematika, (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti BELAJAR SISWA’, 10, pp. 636–49.

Rinawati, Atim, Umi Arifah, and Atik Faizul H, (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo, Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7.1, pp. 1–11, doi:10.33507/Ar-Rihlah. v7i1.376

Wulandari, Endang Trya, and Muhiddin, (2019). Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, 20, pp. 258–261.

AS Komalasari, D Riani. (2023). EDUKASI MANFAAT LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DI SMK PGRI 3 BOGOR. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya 1 (2), 82-92.

M Melyani. (2024). PELATIHAN MICROSOFT OFFICE POINT SECARA DARING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK JALANAN CAHAYA ANAK NEGERI. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya 2 (2), 112-122.

AN Sa'diyah, AH Zahrani, DFS Hasanah, D Hidayanti, FG Midia, (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENDORONG MODERASI BERAGAMA PADA ANAK DI DESA TANJUNG HARAPAN KECAMATAN SEPUTIH BANYAK. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya 2 (3), 304-315.

Diterbitkan
2025-09-22