MENUMBUHKAN MINAT LITERASI MELALUI PERMAINAN KEAKSARAAN DI TBM RUMAH BACA BUAHATI

  • Musrifah Musrifah IAI Tarbiyatut Tholabah

Abstrak

Proyek pengabdian ini memiliki tujuan menggali minat literasi pada anak-anak usia dini serta melakukan pendampingan agar minat tersebut tumbuh menjadi kegemaran berliterasi yang dapat mendukung proses belajar dan perkembangan anak. Penulis melakukan metode service learning dengan pengamatan maupun keterlibatan langsung pada proses belajar mengajar di Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Baca Buahati di Desa Paciran Kabupaten Lamongan. Penulis menemukan minat besar anak pada permainan keaksaraan serta buku bergambar  yang berhasil mendongkrak minat literasi anak di TBM Rumah Baca Buahati. Anak-anak yang aktif bermain keaksraan dan secara rutin berinteraksi dengan buku bergambar terdorong untuk tertarik dengan  buku dan lebih terampil membaca buku.

 

Referensi

Abeasi, D. A., & Paul, A. K. (2020). FACTORS INFLUENCING CLASSROOM PARTICIPATION OF UNDERGRADUATE NURSING STUDENTS. International Journal of Education, 13(1). https://doi.org/10.17509/ije.v13i1.20997

Chandra, & Amerta, S. (2017). PERWUJUDAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM IMPLEMENTASI LITERASI MEMBACA BERBASIS STRATEGI THE BIG QUESTIONS AND BOOKMARK ORGANIZERS DI SEKOAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Deja, M., Rak, D., & Bell, B. (2021). DIGITAL TRANSFORMATION READINESS: PERSPECTIVES ON ACADEMIA AND LIBRARY OUTCOMES IN INFORMATION LITERACY. The Journal of Academic Librarianship,47(5). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102403.

Elihami, Galib, A. A. C. (2022). PENDIDIKAN LITERASI: MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF, Jurnal Pendidikan, 6(1), 1148-1153

Halimah, Andi, Suharti dan Nur Akni Ardita. (2021). Implementasi Service Learning Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa SD/MI. Mimbar PGSD Undiksha Vol. 9 No. 2.

Hermansyah, A. K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KARTU WARNA KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD INPRES GUDANG ARANG MERAUKE. Musamus (Journal of Primary Education), 1(2), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468.

Hussain, S. T., Shen, L., Tayyaba, A., Muhammad, J. H., Syed, H. H., & Muhammad, A. (2018). Kurt Lewin’s change model: A critical review of the role of leadership and employee involvement in organizational change, 3(3), 123-127, https://doi.org/10.1016/j.jik.2016.07.002.

Kaye, C. B. (2004). The complete guide to service learning: Proven, practical ways to engage students in civic responsibility, academic curriculum, and social action. Minneapolis: Free Spirit Publishing.

Morais, M. F. (2011). What is creative teacher and what is a creative pupil? Perceptions of teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 12, 330-339. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.042.

Muttaqin, M & Rizkiyah, H. (2022). EFEKTIVITAS BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C SISWA SEKOLAH DASAR, Jurnal Pendidikan SD, 2(1), 43-54.

Pangestu, Anggit. (2022). PENINGKATAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK-ANAK DI DAERAH TERPENCIL MENGGUNAKAN METODE SERVICE LEARNING. Jurnal Abdi Mutu Vol. 1 No. 1.

Purwanti Dyah Pramanik, Mochamad Achmadi, Deivy Z.Nasution, (2021). MEDIA BELAJAR INOVATIF BAGI SISWA SDN 05 PESANGGRAHAN JAKARTA: PKM DENGAN KONSEP SERVICE LEARNING. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan ISSN (Online): 2808-3407 https://doi.org/10.59818/jpm Vol. 1, No. 1 September 2021, Hal. 46-56. 47|JPM, Vol. 1, No. 1, September 2021

Rahmawati, Yeni dan Kurniati, Euis (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas. Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Rosita, E. (2022). MEREVITALISASI SASTRA LISAN DI SUMATERA SELATAN DENGAN GERAKAN LITERASI NASIONAL, Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 3(2) 13-23.

Sabrina, A., & Laily, I. F. (2016). PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANTARA SISWA KELAS I MELALUI TK DENGAN TIDAK MELALUI TK DI MI PGM KOTA CIREBON. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 291–304. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.896.

Saadati Arnika, Baiq. (2019). Analisis Pengembangan Bidaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar Muahmad Sadli. Vol (6) No 2.

AS Komalasari, D Riani. (2023). EDUKASI MANFAAT LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DI SMK PGRI 3 BOGOR. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya 1 (2), 82-92.

OS Putri, P Artistia, N Nurhaliza, O Andriani. (2024). KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SECARA MENTAL EMOSIONAL DAN AKADEMIK. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya 2 (1), 100-111.

M Melyani. (2024). PELATIHAN MICROSOFT OFFICE POINT SECARA DARING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK JALANAN CAHAYA ANAK NEGERI. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya 2 (2), 112-122.

AN Sa'diyah, AH Zahrani, DFS Hasanah, D Hidayanti, FG Midia. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENDORONG MODERASI BERAGAMA PADA ANAK DI DESA TANJUNG HARAPAN KECAMATAN SEPUTIH BANYAK. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya 2 (3), 304-315.

WJ Priyadi, S Syaiful, RS Aminda, A Aminda. (2025). PENDAMPINGAN DAN EDUKASI ANAK YATIM DALAM MENGHADAPI PANDEMI DI DESA SUKAHARJA. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya 3 (1), 38-49.

Diterbitkan
2025-05-17