Strategi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dikelas VIII MTs N Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian true eksperimental dengan rancangan randomized matched two group design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal itu ditunjukkan dari nilai mean kelas eksperimen sebesar 56,72 dan nilai mean kelas kontrol sebesar 33,56. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam dikelas VIII MTs Negeri Kota Bogor.