PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WORKSHOP EKONOMI KREATIF BERBASIS PROMOSI ONLINE OLAHAN SINGKONG DI UKM KELOMPOK TANI GENTING JAYA BENGKULU UTARA

  • Herman Lusa Universitas Bengkulu, Jalan WR. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu
  • Irfan Supriatna Universitas Bengkulu, Jalan WR. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu

Abstract

Pemberdayaan masyarakat tidak hanya semata-mata memenuhi kebutuhan dasar masyarakat tetapi lebih sebagai upaya mencari alternative pertumbuhan ekonomi lokal. Dalam rangka meningkatkan percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara pada umumnya dan khususnya di Desa Padang Bendar Kecamatan Hulu Palik pada khususnya, Universitas Bengkulu dalam hal ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) melakukan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk dapat ikut berpartisipasi dalam membangun desa atau UKM. Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan SDM melalui workshop ekonomi kreatif berbasis promosi online olahan singkong. Ekonomi kreatif merupakan proses peningkatan nilai tambah hasil produk yang dijual yaitu pengolahan keripik singkong yang awalnya hanya menggunakan pisau untuk mengiris sekarang sudah menggunakan alat pengiris serbaguna yang lebih efektif dan sudah gunakan mesin press dan stiker brand keripik, kemasan lebih menarik dan memiliki aneka varian rasa. Produksi dan penghasilan UKM juga semakin meningkat karena promosi online melalui Fb, IG, dan WA membuat jangkauan pembeli makin luas.

Published
2020-12-14
How to Cite
LUSA, Herman; SUPRIATNA, Irfan. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WORKSHOP EKONOMI KREATIF BERBASIS PROMOSI ONLINE OLAHAN SINGKONG DI UKM KELOMPOK TANI GENTING JAYA BENGKULU UTARA. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 361-370, dec. 2020. ISSN 2620-5165. Available at: <https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/701>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles