EFEKTIVITAS PROGRAM MUHADHOROH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SISWA DI MAJLIS TA’LIM RIYADUL HASANKA KP. KEBON KOPI.

  • Muhammad Mursyid Universitas Ibn Khaldun
  • Yono Yono Universitas Ibn Khaldun
Keywords: kualitatif, dakwah, ceramah role play

Abstract

Muhadharah merupakan suatu rangkaian kegiatan atau proses pembinaan untuk mencapai suatu tujuan dalam memberi arah atau pedoman bagi gerak langkah kegiatan dakwah. kegiatan tersebut telah dilaksanakan di Majlis Ta’lim Raudatul Hasanka kp. Kebon kopi. Berdasarkan survey di majlis Ta’lim Raudatul Hasanka menunjukkan bahwa perlunya pelatihan muhadharah sebagai ajang dakwah di lokasi tersebut. Hal ini ditinjau dari berbagai permasalahan yang ditemukan di lokasi tersebut dimana siswa masih banyaknya siswa yang belum mampu dalam berpidato, kurang percaya diri, tidak mampu menguasai audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh muhadharah terhadap kemampuan berpidato siswa di majlis ta’lim Raudatul Hasanka dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi siswa dalam bermuhadharah di lokasi tersebut. Jenis penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses muhadharah terhadap kemampuan berpidato siswa menunjukkan bahwa dengan adanya kegiatan muhadharah itu dapat melatih keberanian, rasa percaya diri dan kemampuan berpidato siswa dalam berbicara di depan orang banyak. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah role play dengan menuntut siswa tampil di depan audiens secara bergiliran. Kendala siswa dalam bermuhadharah itu bermacam-macam seperti rasa malas dalam membuat teks pidato dan menghafalnya, maupun kurangnya pengawasan dan bimbingan dari pengajar sehingga mengakibatkan peranan muhadharah kurang berjalan dengan baik.

Published
2022-02-08
Section
Articles