PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN HIDUP ANAK JALANAN DI KOTA BOGOR PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN HIDUP ANAK JALANAN DI KOTA BOGOR

Main Article Content

Santi Lisnawati

Abstract

Penelitian pemberdayaan atau Participatory Action Research (PAR) ini
dilaksanakan berdasarkan masalah yang dialami anak jalanan, mereka secara sosial
terpinggirkan, memiliki pendidikan yang rendah, ekonomi yang lemah, dan pengetahuan
agama yang kurang. Karena itu fokus penelitian lanjutan ini adalah pemberdayaan
keterampilan hidup anak jalanan. Tujuan pemberdayaan adalah agar anak jalanan
memiliki keterampilan hidup, berdaya secara ekonomi serta secara perlahan mengurangi
frekuensi mereka turun ke jalan. Metode yang digunakan adalah participatory action
research yaitu segala tindakan yang dilaksanakan merupakan gagasan bersama dan
dijalankan bersama. Tahapan PAR ini merupakan siklus yang saling terkait yang dimulai
dari 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) mengkaji ulang tindakan, 4) tindakan dan
pengamatan lanjutan, 5) mengkaji ulang (refleksi). Hasil pemberdayaan adalah: anak
jalanan memiliki beberapa keterampilan seperti membuat kerajinan dari bahan daur
ulang atau bahan bekas, membuat sablon, stiker dan orangtua mereka juga dibantu
secara ekonomi dengan pemberian modal. Pemberdayaan keterampilan selain memiliki
keterampilan juga sikap positif yang tumbuh dalam keterampilan ini yaitu kesabaran,
kehati-hatian, ketelitian dan ketekunan.

Article Details

How to Cite
LISNAWATI, Santi. PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN HIDUP ANAK JALANAN DI KOTA BOGOR. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], dec. 2014. ISSN 2477-4014. Available at: <https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/65>. Date accessed: 12 sep. 2024.
Issue
Section
Articles