Analisis Terhadap Teori Pembelajaran Behaviorisme Pada Program Pendidikan Seksualitas Komprehensif (CSE) dalam Pandangan Islam
Abstract
Behaviorisme sebagaimana psikologi kontemporer secara umum menyimpan beberapa problem filosofis. Behaviorisme telah mendorong psikologi ke arah ilmu eksperimental lebih jauh dan menjadikan psikologi yang awalnya sebagai ilmu jiwa menjadi hanya sebagai ilmu perilaku semata. Tujuan dari makalah ini adalah melakukan analisis masalah dari model pembelajaran behaviorisme dan CSE. Metode yang dipergunakan adalah studi pustaka (library research). Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam Islamic Worldview, metode pembelajaran behaviorisme yang sangat materialistik berpotensi melahirkan peserta didik yang hedonis dan mengabaikan proses mental seperti berpikir dan merasa yang berlandaskan prinsip-prinsip agama. Demikian juga ketika model ini diterapkan dalam pendidikan seksual komprehensif (CSE) hanya akan menghasilkan peserta didik yang jauh dari fitrahnya karena lebih mengutamakan “hak seksual”nya atas nama norma konsensual