Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Ceramah Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Industri 4.0 Menuju Generasi Emas 2045

  • Syukron Makmun IAIN Laa Roiba Bogor
  • Endin Mujahidin Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: ceramah, PAI, Industri 4.0

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah 1) menemukan definisi yang tepat metode ceramah, 2) penerapan metode ceramah pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dapa masa pandemi covid 19. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitiaan kepustakaan (library reseach) yakni dengan cara menggali dan mengkaji literatur-literatur yang ada kaitannya dengan tema penulisan artikel ini. Hasil kajian dan telaah penulis terkait metode pembelajaran ceramah ini, masih sangat relevan dan efektif terlebih dimasa pandemi covid-19 ini. Dengan memeperhatikan hal-hal berikut; pertama, seorang guru memahami ilmu komunikasi dengan baik, kedua, memahami kondisi psikologi audiens/murid, ketiga, mampu menyentuh emosi siswa, keempat, memasukan unsur humor dan pandai bercerita, kelima, mampu memanfaatkan media sosial dan teknologi dengan baik.

Abstract

The purpose of this writing is 1) to find the right definition of the lecture method, 2) the application of the lecture method to Islamic religious education (PAI) learning during the covid 19 pandemic. The writing of this article uses the library research method, namely by digging and studying literature related to the theme of writing this article. The results of the study and the author's study related to this lecture learning method are still very relevant and effective, especially during this covid-19 pandemic. By taking into account the following points; first, a teacher understands the science of communication well, second, understands the psychological condition of the audience/students, third, is able to touch students' emotions, fourth, includes elements of humor and is good at telling stories, fifth, is able to use social media and technology well.

Published
2021-09-22