PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJRAN INDIVIDU UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SPEECH DELAYS DI TK ISLAM AZZUHRA KABUPATEN BOGOR
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan Program Pembelajaran Individu
(PPI) dan untuk mengetahui pengaruh penerapan Program Pembelajaran Individu (PPI). Pada
saat ini kelas inklusi di TK Islam Azzuhra menangani 3 siswa. Namun pokok permasalahan
yang terjadi pada kelas inklusi di sekolah reguler pada umunya yaitu tenaga pendidik bukan
merupakan tenaga ahli dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. hal ini juga menjadi
permasalahan di TK Islam Azzuhra. Oleh sebab itu dalam artikel ini peneliti melakukan analisis
kebutuhan menggunakan instrumen berupa wawancara, observasi dan dokumentasi untuk
mengetahui terkait pada produk yang dibutuhkan kelas inklusi di TK Islam Azzuhra.
Metodologi penelitian yang dilakukan pada artikel ini adalah penelitian kualitatif deskriptif
dengan model ASSURE. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penerapan Program
Pembelajaran Individu (PPI) untuk anak dengan kriteria speech delay. Metode yang dilakukan
berupa aktifitas Eye to Eye (komunikasi tatap muka) dan permainan edukatif. Hasil yang
diperoleh adalah anak mampu menjawab pertanyaan dengan baik tanpa pengulangan kalimat
dan memahami instruksi yang diberikan guru serta mampu meningkatkan motivasi belajar
siswa.