ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E- BOOK MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII DI SMP PELITA CIAMPEA BOGOR

  • Muhamad Wais Lopa Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Mohammad Muhyidin Nurzaelani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Afif Ahmad Wiranata Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran penting di SMP. Namun demikian,
beberapa penelitian menunjukkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep biologi perlu
ditingkatkan (Kaniawati dkk., 2015; Lestari & Marhaeni, 2017). Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran berbasis e-book pada mata pelajaran
Biologi di SMP Pelita Ciampea Bogor. Penelitian menggunakan kuesioner kepada 30 siswa.
Hasilnya menunjukkan bahwa 56,7% siswa lebih menyukai pembelajaran digital, 66,7% siswa
kesulitan memahami konsep Biologi, dan 80% siswa menginginkan adanya animasi dan
simulasi pada e-book. Dari wawancara 3 guru, disarankan pengembangan e-book interaktif.
Hasil survei menunjukkan e-book yang dilengkapi fitur interaktif seperti animasi (80%) dan
soal latihan (76,7%) dibutuhkan. Diharapkan pengembangan e-book berdasarkan hasil survei
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi siswa

Published
2024-05-01