ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E- BOOK MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII DI SMP PELITA CIAMPEA BOGOR

Main Article Content

Muhamad Wais Lopa Mohammad Muhyidin Nurzaelani Afif Ahmad Wiranata

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran penting di SMP. Namun demikian,
beberapa penelitian menunjukkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep biologi perlu
ditingkatkan (Kaniawati dkk., 2015; Lestari & Marhaeni, 2017). Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran berbasis e-book pada mata pelajaran
Biologi di SMP Pelita Ciampea Bogor. Penelitian menggunakan kuesioner kepada 30 siswa.
Hasilnya menunjukkan bahwa 56,7% siswa lebih menyukai pembelajaran digital, 66,7% siswa
kesulitan memahami konsep Biologi, dan 80% siswa menginginkan adanya animasi dan
simulasi pada e-book. Dari wawancara 3 guru, disarankan pengembangan e-book interaktif.
Hasil survei menunjukkan e-book yang dilengkapi fitur interaktif seperti animasi (80%) dan
soal latihan (76,7%) dibutuhkan. Diharapkan pengembangan e-book berdasarkan hasil survei
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi siswa

Article Details

How to Cite
LOPA, Muhamad Wais; NURZAELANI, Mohammad Muhyidin; WIRANATA, Afif Ahmad. ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E- BOOK MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII DI SMP PELITA CIAMPEA BOGOR. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 114-118, may 2024. ISSN 2620-8008. Available at: <https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/2392>. Date accessed: 25 jan. 2025.
Section
Articles