ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E- BOOK MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII DI SMP PELITA CIAMPEA BOGOR
Main Article Content
Abstract
Biologi merupakan salah satu mata pelajaran penting di SMP. Namun demikian,
beberapa penelitian menunjukkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep biologi perlu
ditingkatkan (Kaniawati dkk., 2015; Lestari & Marhaeni, 2017). Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran berbasis e-book pada mata pelajaran
Biologi di SMP Pelita Ciampea Bogor. Penelitian menggunakan kuesioner kepada 30 siswa.
Hasilnya menunjukkan bahwa 56,7% siswa lebih menyukai pembelajaran digital, 66,7% siswa
kesulitan memahami konsep Biologi, dan 80% siswa menginginkan adanya animasi dan
simulasi pada e-book. Dari wawancara 3 guru, disarankan pengembangan e-book interaktif.
Hasil survei menunjukkan e-book yang dilengkapi fitur interaktif seperti animasi (80%) dan
soal latihan (76,7%) dibutuhkan. Diharapkan pengembangan e-book berdasarkan hasil survei
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi siswa