ANALISIS KEBUTUHAN DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI DI BPDB KAB. BOGOR

Main Article Content

Devega Gusti Yudha Umi Fatonah Mohammad Muhyidin Nurzaelani

Abstract

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD merupakan lembaga pemerintah
yang penting, bagi kelangsungan dan keamanan masyarakat Indonesia. Menurut pasal 5
undang-undang Nomor 24 tahun 2007, penanggulangan bencana adalah tanggung jawab
pemerintahan, khususnya pemerintah daerah. BPBD bertugas untuk terus mensosialisasikan
cara penanggulangan bencana, terutama untuk menyelamatkan diri sendiri, mengenali waspada
bencana di sekitar tempat tinggal. Selain orang dewasa, anak-anak adalah target utama
sosialisasi. Penelitian yang dilakukan untuk mensosialisasikan mengenai awas terhadap
bencana kepada anak-anak usia dini wajib dilakukan. Salah satu cara yang dapat
diimplementasikan, untuk menarik minta siswa dengan anak usia dini dengan memanfaatkan
media pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti memutuskan menggunakan metode kualitatif
dengan pengambilan data wawancara. Subjek penelitian yaitu, orang tua, anggota BPBD, serta
guru pendamping di BPBD Kab. Bogor. Hasil menunjukkan dengan adanya penerapan media
pembelajaran terhadap anak usia dini untuk menjelaskan kebencanaan dapat meningkatkan
pemahaman siswa terhadap bencana alam. Hasil wawancara menunjukan, penggunaan media
pembelajaran menarik siswa untuk belajar, dan mempermudah pemahaman anak terhadap
bahaya bencana. Kesimpulan dari analisis kebutuhan dalam pengembangan media
pembelajaran untuk anak usia dini di BPBD Kab. Bogor, sangat terbantu dan terbukti berguna.
Saran yang dapat dilakukan dari penelitian ini, adanya fasilitas yang diberikan BPBD Kab.
Bogor segera untuk mempermudah siswa dalam memahami kebencanaan

Article Details

How to Cite
YUDHA, Devega Gusti; FATONAH, Umi; NURZAELANI, Mohammad Muhyidin. ANALISIS KEBUTUHAN DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI DI BPDB KAB. BOGOR. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 111-113, may 2024. ISSN 2620-8008. Available at: <https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/2391>. Date accessed: 25 jan. 2025.
Section
Articles