ENSIKLOPEDIA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI DAN PEMECAHAN MASALAH DI SEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran ensiklopedia dalam
pengembangan literasi dan pemecahan masalah disekolah. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah studi literatur. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini
hingga anak sekolah dasar. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan merujuk pada
prosiding, artikel, website, data dan buku dll. Ditemukan bahwa ensiklopedia merupakan karya
referensi yang menyajikan informasi mengenai berbagai bidang pengetahuan, ilmu, dan
teknologi dalam bentuk buku dengan artikel yang disusun berdasarkan abjad. Terdapat dua
jenis utama ensiklopedia, yaitu umum dan khusus, yang masing-masing memfokuskan pada
cakupan yang berbeda. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya peran
ensiklopedia dalam pengembangan literasi dan kemampuan pemecahan masalah pada anak
usia dini hingga anak sekolah dasar, memberikan kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan
pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Dengan demikian, pendekatan
menggunakan ensiklopedia dapat dianggap sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan
literasi siswa di tingkat sekolah dasar.