ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEMA LINGKUNGAN HIDUP DI SMP PGRI 15 BOGOR
Main Article Content
Abstract
Dalam era revolusi industri 4.0, tantangan besar dihadapi oleh dunia pendidikan
untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi kemajuan teknologi. Tujuan artikel ini
adalah untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran berbasis video pada tema
lingkungan hidup. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. subjek penelitian ini adalah siswa
SMP PGRI 15 BOGOR. Data yang dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan observasi.
Dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru, peserta didik dan observasi sekolah
membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih variatif dan menarik, sehingga
memutuskan untuk mengembangkan media video pembelajaran dalam upaya meningkatkan
efektivitas pembelajaran. Melalui penggunaan media video, sekolah ini bertujuan menciptakan
lingkungan belajar yang dinamis dan responsif, memfasilitasi pembelajaran yang visual,
interaktif, dan mudah dipahami bagi siswa dari berbagai latar belakang dan gaya belajar.
Diharapkan, langkah ini tidak hanya mengatasi keterbatasan dalam varietas pembelajaran,
tetapi juga meningkatkan potensi belajar siswa secara menyeluruh, menjadi sebuah model yang
relevan dalam menghadapi perubahan global dalam pendidikan. Kesimpulannya adalah bahwa
media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran di SMP PGRI 15 BOGOR,
masih perlu dikembangkan