ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA TEMA 2 KELAS III DI MI AL KHOIRIYAH, TAPOS

Main Article Content

Darojah Hasanah Zainal Abidin Arief Umi Fatonah

Abstract

Analisis kebutuhan adalah tahapan kunci dalam merancang media pembelajaran yang
efektif dan responsif. Dengan memahami kebutuhan siswa dan guru, pengembang media
pembelajaran dapat menciptakan materi yang lebih relevan, menarik, dan sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Dalam penelitian ini, tujuannya adalah untuk melakukan analisis terhadap
penggunaan media pembelajaran IPA pada tema 2 di MI Alkhoiryah. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang terlihat
bahwa kebutuhan siswa kelas III di MI Alkhoiriyah adalah kurang adanya variasi dalam
penyajian pembelajaran, baik dari segi metode maupun media pembelajaran. Penyebabnya
yaitu Tidak adanya media yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran . Dengan itu
media pembelajaran yang efektif harus dapat digunakan dengan mudah dan mampu
meningkatkan keaktifkan peserta didik ketika proses pembelajaran

Article Details

How to Cite
HASANAH, Darojah; ARIEF, Zainal Abidin; FATONAH, Umi. ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA TEMA 2 KELAS III DI MI AL KHOIRIYAH, TAPOS. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 82-84, may 2024. ISSN 2620-8008. Available at: <https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/2384>. Date accessed: 25 jan. 2025.
Section
Articles