MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan sikap
melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas X. Tempat
pelaksanaan penelitian di MAT Darul Fallah II Bogor. Subjek penelitian adalah siswa kelas X,
mata Pelajaran Fiqih. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Two Stay Two
Stray. Pelaksanaan model pembelajarannya harus membentuk kelompok yang terdiri dari 4
orang. Kemudian diskusikan dengan kelompok yang telah ditentukan. Setelah berdiskusi, dua
orang dari masing-masing kelompok mengunjungi kelompok lain untuk mendapatkan
informasi hasil diskusi dari masing-masing kelompok, Sedangkan tugas dari dua anggota yang
menetap di kelompoknya harus menyampaikan hasil diskusinya kepada kelompok lain.
Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan
keaktifan belajar. Dengan menggunakan pembelajaran model ini siswa menjadi antusias dalam
belajar dan tidak lagi pasif karena masing-masing individu memiliki tugasnya masing-masing.