ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN CIAPUS 05
Main Article Content
Abstract
Analisis kebutuhan dalam proses belajar penting karena mencerminkan perbedaan
antara apa yang siswa harapkan dan situasi pembelajaran sebenarnya. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dan jenis media pembelajaran yang dibutuhkan
oleh siswa kelas IV SDN Ciapus 05. Karena salah satu penunjang keberhasilan proses kegiatan
belajar mengajar adalah media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
ialah wawancara dengan guru dan observasi di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
di dalam pembelajaran, jarang atau bahkan tidak ada penggunaan media pembelajaran, dan
cara pembelajarannya masih sangat bergantung pada peran guru. Penyebabnya adalah karena
kurangnya fasilitas yang memadai dan kesulitan guru dalam mengembangkan media
pembelajaran. Dengan demikian dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang variatif untuk
membuat peserta didik ikut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran berlangsung.
Harapannya, penelitian ini akan membantu memahami kemampuan siswa dan kebutuhan
media pembelajaran untuk membuat proses belajar lebih mudah bagi peserta didik ketika
proses pembelajaran