ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS III DI SDN CIAPUS 05
Main Article Content
Abstract
Analisis kebutuhan merupakan tahapan yang sangat penting dalam mendesain media
pembelajaran guna mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa
dan kebutuhan mengajar guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara
mendalam media pembelajaran seperti apa yang dibutuhkan dan sesuai dengan karakteristik
siswa kelas III di SDN Ciapus 05. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research
and Development (R&D). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran jarang atau
bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran dan pola pembelajarannya masih
berpusat pada guru (teacher center). Penyebabnya adalah fasilitas yang kurang memadai dan
guru yang kesulitan dalam mengembangkan medianya. Dengan demikian, dibutuhkan sebuah
media pembelajaran yang bisa digunakan walaupun dengan keterbatasan yang ada serta mampu
meningkatkan keaktifkan peserta didik ketika proses pembelajaran