ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HYPERCONTENT MATA PELAJARAN CALISTUNG DI TK PAKUAN BOGOR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi awal mengenai
perancangan media pembelajaran interaktif berbasis hypercontent untuk mata pelajaran
calistung di Taman Kanak-kanak. Metode penelitian ini mengadopsi metode Penelitian dan
Pengembangan (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pengembangan 4D dengan tahapan sebagai berikut: 1) Define/Definisi; 2) Design/Desain; 3)
Develop/Pengembangan 4) Disseminate/Penyebaran. Penelitian ini melibatkan 18 orang Siswa
dari Taman Kanak-kanak Pakuan Bogor. Pengumpulan informasi awal menggunakan studi
literatur dan studi lapangan. Studi literatur mempelajari teori tentang membaca, menulis, dan
berhitung untuk anak TK dan mengumpulkan sumber penelitian yang relevan. Studi lapangan
melakukan observasi kelas dan wawancara dengan guru dan Siswa untuk melihat bagaimana
pembelajaran berlangsung di sekolah. Hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran
interaktif berbasis hypercontent pada mata pelajaran calistung diperlukan untuk memenuhi
kebutuhan media di TK Pakuan Bogor sebagai fasilitas pendamping pembelajaran Siswa baik
di Sekolah maupun di Rumah