PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BUSY BOARD INTERAKTIF PERKALIAN PULUHAN KELAS V DI SD TAMAN SISWA BOGOR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan media
pembelajaran Busy Board Interaktif sebagai alternatif yang sesuai dengan kurikulum Merdeka
Belajar. Metode penelitian ini yaitu R&D (Research and Develop) dengan pendekatan model
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian
ini sebanyak 10 orang siswa kelas 5 di SD Taman Siswa Bogor pada materi perkalian puluhan
Matematika. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan wawancara kepala sekolah,
guru dan siswa, angket validasi dan angket responden serta dokumentasi. Media ini diuji
kelayakannya dengan uji validasi 82% dari ahli materi yang berarti sangat layak, ahli media
88% yang berarti sangat layak dan ahli desain pembelajaran 85% yang berarti sangat layak.
Selanjutnya dievaluasi kelas pada one to one dan small group dengan hasil 85%. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa penggunaan Busy Board Interaktif 85% layak digunakan di kelas V
SD Taman Siswa Bogor dan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap
konsep perkalian puluhan.