PENGGUNAAN MEDIA AUDIO BERBASIS MP3 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN HADIS PADA SISWA PONDOK PESANTREN TEGAL LUHUR BOGOR
Main Article Content
Abstract
Media audio dalam pembelajaran diartikan sebagai bahan yang mengandung pesan
dalam bentuk auditif, yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa,
sehingga terjadi pembelajaran. MP3 merupakan salah satu jenis media audio berupa rekaman
suara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji tentang pengaruh penggunaan media audio
berbasis MP3 terhadap kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qu’an dan Hadis. Metode
penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Sumber data penelitian berupa artikel ilmiah
nasional dalam 10 tahun terakhir (2014-2024). Tahapan penelitian ini dimulai dari
pengumpulan artikel, penyaringan artikel, penyusunan dan pembahasan artikel, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 10 artikel diperoleh 6 artikel yang
sesuai dengan variabel pada topik judul. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penggunaan media
audio berbasis MP3 yang diterapkan pada siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadis sesuai
dengan teori-teori rujukan. Dengan demikian, media audio berbasis MP3 diyakini dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadis.