Karakteristik Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Mata Pelajaran Matematika di MI PUI Hegarmanah
Abstract
Setelah pembelajaran dilaksanakan dalam jaringan atau online membuat siswa
pasif dalam pembelajaran di kelas, sarana dan prasarana yang kurang mendukung dalam
proses pembelajaran membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar. Siswa merasa
bahan ajar yang digunakan oleh guru monoton sehingga sulit untuk siswa bisa
berkembang di kelas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan
siswa dalam pembelajaran dan peran guru dalam mengembangkan media pembelajaran
Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran belum bervariatif,
oleh karena itu peneliti akan mengembangkan media pembelajaran berbasis video
animasi canva. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2022 sampai bulan Mei 2023
dengan subjek penelitian siswa Kelas IV di MI PUI Hegarmanah. Pada tahap analisis
peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dalam mengembangkan media
pembelajaran yang terdiri dari lima tahap yaitu : 1) Analysis, 2) Design, 3) Development,
4) Implementation, dan 5) Evaluation