Identifikasi Kebutuhan Awal E-Modul Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Kelas VI Semester 1 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Tujuan dibuatnya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kebutuhan media berupa e-modul yang menarik untuk anak sekolah dasar pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia. Dimana media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, berdasarkan pendapat Hamalik dalam Arsyad (2015 : 19)
mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan
rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Adapun model pengembangan ini menggunakan model MPI (Model
Pengembangan Instruksional). Namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai analisis kebutuhan pembelajaran. Maka dari itu selanjutnya hasil dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui penggunaan e-modul dapat membuat siswa Sekolah Dasar termotivasi pada pembelajaran di mata pelajaran Bahasa Indonesia