HUBUNGAN PENERAPAN PAKAIAN SYAR’I DENGAN PERILAKU SISWA DI SMPIT MAJMA’UL BAHRAIN

Main Article Content

Laelatul Badriah Ahmad Sobari

Abstract

Hubungan Penerapan Pakaian Syar’i Dengan Perilaku Siswa di SMPIT Majma’ul  Bahrain, Skripsi 2018. Pakaian merupakan ciri khas manusia untuk membedakan dengan makhluk lainnya. Mode pakaian tentu saja banyak ragamnya, sesuai dengan latar belakang lingkungan, pendidikan dan agama yang dianut. Pakaian juga mencerminkan bagaimana perilaku seseorang. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMPIT Majmau’ul Bahrain pada kelas VII dengan bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan penerapan pakaian syar’i dengan perilaku siswa, dan seberapa besar hubungan penerapan pakaian syar’i dengan perilaku siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan  penelitian kuantitatif, dan teknik korelasional. Dengan membandingkan hasil perhitungan tersebut, maka akan ditemukan apakah ada hubungan antara pakaian syar’i dengan perilaku. Penelitian skripsi ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode angket, observasi. Setelah data berhasil dikumpulkan, kemudian data tersebut dihitung menggunakan rumus product moment, berdasarkan analisis dengan menggunakan product moment ditemukan koefisien korelasi atau rxy sebesar 0,489, dimana r hitung sebesar 0,489 r tabel sebesar 0,329 (5%) dan 0,424 (1%). Oleh karena signifikansi r hitung > r tabel, maka inferensi yang diambil adalah antara penerapan pakaian syar’i dengan perilaku siswi kelas VII di SMPIT Majma’ul Bahrain mempunyai hubungan yang signifikan ke arah positif.

Article Details

How to Cite
BADRIAH, Laelatul; SOBARI, Ahmad. HUBUNGAN PENERAPAN PAKAIAN SYAR’I DENGAN PERILAKU SISWA DI SMPIT MAJMA’UL BAHRAIN. Annual Seminar on Islamic Studies, [S.l.], v. 2, n. 1, dec. 2018. ISSN 2655-1772. Available at: <https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ASIS/article/view/418>. Date accessed: 15 jan. 2025.
Section
Articles

References

Albani, Muhammad Nashiruddin al-, Kriteria Busana Muslimah, (cet. ke-2), Jakarta: Pustaka Imam as-Syafi’i, 201
Aji, A.M. "Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Islam," Salam; Sosial dan Budaya Syar-i, Volume 2, No. 2 (2015).
Ali, Mohamaad Daud, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo , 2013.
Arfah, Ummu Syafa Suryani, Abu Fatiah Al-Adnani, Menjadi Wanita Shalihah, (cet. ke-6) Jakarta: Eska Media, 2012
Faiq, Fakih Abdul, Bimbingan Islam Sehari-Hari, Banyuanyar Surakarta: Al-Qudwah, 2014.
Gulӧ, W. Metodologi Penelitian, (cet. ke-6), Jakarta: PT Grasindo, 2010.
Hasan, Abdillah Firmanzah, Lebih Anggun dengan Berhijab, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2013.
Hasyimi, Muhammad Ali al-,. Jati Diri Wanita Muslimah, (cet. ke-18), Jakarta Timur: Pustaka al-kautsar, 2016.
Kariadinata, Rahayu, dan Maman Abdurahman, Dasar-dasar Statistik Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kedudukan dan Peran Perempuan, (cet. ke-2), Jakarta: Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah Direktorat Jendral Bimas Islam Kementrian Agama RI, 2012.
Mukri, S.G.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. "Implementation of Religious Education in the Constitution of the Republic of Indonesia," Salam: Sosial dan Budaya Syar-i, Volume 3 No. 3 (2016).
Mulyani, Dewi, Buku Pintar untuk Muslimah, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2012.
Musawi, Khalil al-, Keajaiban Silaturahmi, Jakarta Selatan: Zaytuna, 2011.
Saebani, Beni Ahmad, dan Abdul Hamid, Ilmu Akhlak. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010.
Sarwono, Sarlito W., Pengantar Psikologi Umum, (cet. ke-4), Jakarta: Rajawali Pers, 2012.