Peningkatan Kematangan Karir Peserta Didik untuk Mengurangi Resiko Pengangguran
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kematangan karir sehingga bisa berkontribusi dalam mengambil keputusan karir yang tepat sehingga dapat mengurangi resiko pengangguran. Pengangguran di Indonesia  dianggap tidak mampu beradaptasi di lingkungan kerja dikarenakan ketidaksesuaian antara kemampuan dengan pekerjaan dan cita-cita, termasuk kurang informasi terkait pekerjaan atau program studi yang dipilih. Kematangan karir berkorelasi dengan kemampuan peserta didik mengambil keputusan karir. Ketika tepat, maka mereka akan menjalani pilihan karir dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode research and development melibatkan peserta didik dari SMA sederajat dan pakar Bimbingan dan Konseling (BK). Berdasarkan hasil penelitian, program Bimbingan dan Konseling Karir mampu meningkatkan kematangan karir baik peserta didik laki-laki maupun perempuan. Kematangan karir didukung oleh kemampuan mengenal potensi diri, orientasi karir dan perencanaan karir. Penelitian ini merekomendasikan (1) Guru BK dapat mengimplementasikan program BK karir disekolahnya; mampu membuat rekomendasi persiapan karir siswa. (2) peneliti selanjutnya dapat mendalami penelitian BK karir di masing-masing jenis satuan SMA sederajat juga pada jenjang Perguruan Tinggi untuk lebih mematangkan pengambilan keputusan karir.