Sistem Pencatatan Transaksi Kantor Cabang Dalam Kaitannya Dengan Penyusunan Laporan Keuangan Gabungan (KONSOLIDASI) Perusahaan (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama)

Main Article Content

Eka Sartika Indupurnahayu . Hurriyaturrohman .

Abstract

Pembukaan cabang baru banyak dipilih perusahaan yang akan melakukan ekspansi karena lebih murah dibandingkan dengan mengakuisisi perusahaan lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pencatatan transaksi di kantor cabang yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan gabungan perusahaan sesuai SAK ETAP dan PSAK 65. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera yang berada di Bogor dan bergerak dibidang Jasa Simpanan dan Pinjaman. Penulis akan membahas tentang pencatatan dan meneliti serta mengidentifikasi aktivitas antar kantor pusat dan kantor cabang yang dibuat. Penulis juga akan menjelaskan pencatatan transaksi pada kantor cabang dan bagaimana pengaruhnya terhadap laporan keuangan gabungan. adanya sistem pencatatan akuntansi memudahkan dalam penyajian Laporan Keuangan gabungan, tingkat kesalahan hasil laporan dapat di minimalisir selama tidak terjadi human error pada saat input data. Pencatatan pada sistem akuntansi yang digunakan bisa terjadi single jurnal yang mengakibatkan Rekening antar kantor tersebut tidak terbentuk, dan seharusnya dalam ilmu Akuntansi tidak ada jurnal single.

Article Details

How to Cite
SARTIKA, Eka; ., Indupurnahayu; ., Hurriyaturrohman. Sistem Pencatatan Transaksi Kantor Cabang Dalam Kaitannya Dengan Penyusunan Laporan Keuangan Gabungan (KONSOLIDASI) Perusahaan (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama). PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], oct. 2020. ISSN 2477-4014. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/658>. Date accessed: 21 june 2021.
Issue
Section
Articles