Pola Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren

Main Article Content

Abuzar Al Ghifari

Abstract

Pesantren merupakan merupakan lembaga pendidikan Islam klasik yang telah ada di Indonesia sejak sebelum kemerdekaan. Eksistensi Pesantren di Indonesia telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan karakter dan spiritual demi pengembangan sumber daya manusia. Pembangunan sumber daya manusia yang menjadi core dari pola pendidikan di Pesantren. Dengan meyakini bahwa sumber daya manusia merupakan sesuatu yang patut dilakukan, Pesantren selalu konsen untuk menyiapkan manusia yang mampu menjadi pemimpin dimasa mendatang.


            Keberadaan kyai di Pesantren sebagai figur dihadapan santri sebagai hal penting terhadap pola pendidikan karakter. Selain itu pola pendidikan karakter di Pesantren memerlukan asrama sebagai penerapan disiplin 24 jam. Masjid sebagai ruh spiritual agar mampu para santri menghayati tatanan kehidupan di Pesantren agar mampu membentuk karakter yang beradab.

Article Details

How to Cite
AL GHIFARI, Abuzar. Pola Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], oct. 2020. ISSN 2477-4014. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/654>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles