Pengukuran Kepuasan Pada Koperasi Karyawan UIKA Bogor

Main Article Content

Widhi Ariyo Bimo Asti Marlina

Abstract

UUD 1945 menempatkan Koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional Koperasi adalah badan usaha dimana anggota sebagai pemilik dan sekaligus pelanggan dan ini merupakan prinsip yang membedakan dengan badan usaha lainnya cara yang dilakukan adalah memberikan kepuasan kepada konsumen. Fungsi dan peranan koperasi adalah mengembangkan potensi, kreativitas, memperkuat kualitas, meningkatkan kemampuan ekonomi anggota dan serta memperkokoh perekonomian nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan anggota pada Koperasi Karyawan UIKA Bogor dengan Indikator ; Penampilan (Tangible), Memberikan Perhatian (Empathy), Daya Tanggap (Responsivness), Jaminan (Assurance), Keandalan (Realibility) Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner secara quota random sampling . Penelitian ini diukur menggunakan skala likert skala 1-5. Hasilnya menunjukan bahwa KIKA merupakan Koperasi Karyawan yang dapat diandalkan yaitu dari sisi Kinerja Jaminan (Assurance) dan Kinerja Penampilan (Tangible) yang perlu dilakukan peningkatan adalah dalam Kinerja Keandalan (Realibility) dan Daya Tanggap (Responsivness) dan Untuk Kinerja, Memberikan Perhatian (Empathy), sangat perlu dipertahankan.

Article Details

How to Cite
ARIYO BIMO, Widhi; MARLINA, Asti. Pengukuran Kepuasan Pada Koperasi Karyawan UIKA Bogor. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], oct. 2020. ISSN 2477-4014. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/649>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles