Uji Efektivitas Media Video untuk Pembelajaran Blended Learning di Universitas Ibn Khaldun Bogor

Main Article Content

Maimunah . Mohammad Muhyidin Nurzaelani Mita Septiani Ika Suartika

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat para pendidik harus terus melakukan terobosan dan mencari inovasi pembelajaran, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi untuk membuat media pembelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas video pembelajaran pada matakuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor. Uji efektivitas media video pembelajaran yang dilakukan oleh 2 orang observer menunjukkan bahwa 83% efektivitas mahasiswa dalam mempelajari materi yang terdapat pada media video yang dapat disimpulkan sangat efektif, 72% efektifitas diskusi antara mahasiswa dan dosen yang dapat disimpulkan cukup efektif, 70% diskusi antar mahasiswa yang dapat disumpulkan cukup efektif, 84% efektivitas penyimpulan materi pembelajaran yang dapat disimpulkan sangat efektif, dan 94% efektivitas mahasiswa mengerjakan soal-soal latihan yang dapat disimpulkan sangat efektif.  Secara keseluruhan, rata-rata penilaian 5 aspek tersebut mendapat nilai 80,6% yang artinya media video pembelajaran sangat efektif untuk digunakan pada pembelajaran matakuliah PLSBT.

Article Details

How to Cite
., Maimunah et al. Uji Efektivitas Media Video untuk Pembelajaran Blended Learning di Universitas Ibn Khaldun Bogor. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], oct. 2020. ISSN 2477-4014. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/647>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles