Pengembangan Modul Elektronik Hypercontent Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTs)

Main Article Content

Mohammad Muhyidin Nurzaelani Mita Septiani Maimunah .

Abstract

Setiap mahasiswa program studi Strata 1 (S1) di akhir masa studinya dituntut untuk dapat melakukan penelitian dan menuliskan laporannya dalam bentuk skripsi, dimana keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan. Untuk itu, mahasiswa tingkat akhir pada program studi Teknologi Pendidikan dibekali mata kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian (KSHP). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan belajar dalam bentuk modul elektronik berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTs) pada mata kuliah KSHP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadopsi model Rowntree. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada para ahli dan mahasiswa yang mengontrak mata kuliah KSHP di semester gasal 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis hypercontent dapat memfasilitasi belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini memberikan saran bagi para pendidik dan pengembang pembelajaran yang ingin mengembangkan dan/atau menggunakan modul elektronik berbasis hypercontent.

Article Details

How to Cite
MUHYIDIN NURZAELANI, Mohammad; SEPTIANI, Mita; ., Maimunah. Pengembangan Modul Elektronik Hypercontent Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTs). PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, [S.l.], oct. 2020. ISSN 2477-4014. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/642>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles